Horee, Jumat THR dan Gaji ke-13 Cair

271

Pemkab Garut Siapkan Rp140 Miliar

RadarPriangan.com, GARUT – Menjelang perayaan hari raya idul fitri tahun 1440 hijriah, Pemerintah Kabupaten Garut menyiapkan anggaran untuk Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13 bagi para ASN sebesar Rp140 Miliar. Demikian diungkapkan Bupati Garut Rudy Gunawan kepada wartawan, kemarin (22/5).

Meski sudah menyiapkan anggaran tersebut, kata Rudy, Pemkab Garut masih belum bisa segera mencairkan karena terbentur aturan.

“Kita akan menunggu dahulu peraturan yang baru, serta jawaban dari Menteri Keuangan terkait mekanisme pencairan THR dan Gaji Ke 13,” katanya.

Lanjutnya, keterlambatan proses pencairan THR dan Gaji ke-13 lantaran adanya perubahan Peraturan Pemerintah. Regulasi tersebut mengharuskan daerah membuat Peraturan Daerah (Perda) terlebih dahulu. Pembuatan tersebut membutuhkan waktu untuk melakukan pencarian.

Namun, dikarenakan pembuatan Perda memerlukan proses lama, Pemerintah Kabupaten Garut, akan mengeluarkan Peraturan Kepala Daerah (Perkada).

“Ya, kalau Perkada kita bisa langsung buatkan dan akan langsung ditanda tangani, kita rencanakan pada Jumat ini THR dan Gaji ke-13 sudah bisa dicairkan,” katanya.

Menurutnya, keputusan Menteri Keuangan terkait pencairan THR tidak akan lama lagi akan keluar. Oleh karena itu, para ASN jangan dulu panik dan takut THR dan Gaji ke-13 tidak bisa dicairkan.

“Intinya, kita akan cairkan dengan menggunakan Peraturan Kepala Daerah (Perkada), kan uangnya sudah ada tinggal menunggu waktunya saja,” tandasnya.

Sebelumnya ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Garut, sempat gaduh dengan belum cairnya THR dan Gajih ke-13, soalnya tunjangan tersebut sangat dibutuhkan untuk Hari Raya Idul Fitri.

Menurut ASN, kondisi ini berbeda dengan proses pencairan tahun sebelumnya, dimana ASN sudah menerima Tunjangan Hari Raya (THR) dan Gajih Ke 13 pada pertengahan puasa. Sementara saat ini yang sudah memasuki pertengahan puasa, THR dan Gaji ke-13 belum kunjung cair. (erf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here