Hendra/Ahsan Tantang Juara Dunia di Perempatfinal Malaysia Open

32

RADARPRIANGAN.COM – Ganda putra Indonesia Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan bakal berhadapan dengan juara dunia asal China, Li Junhui/Liu Yuchen di babak perempatfinal Malaysia Open 2019.

Kepastian pertemuan dengan peringkat dua dunia itu setelah Hendra/Ahsan berhasil mengalahkan wakil tuan rumah Malaysia, Chooi Kah Ming/Low Juan Shen.

Dalam pertandingan yang digelar di Axiata Arena, Kuala Lumpur Sports City, Malaysia, Kamis (4/4) kemarin, Hendra/Ahsan yang merupakan unggulan keenam itu berhasil menang atas Chooi/Low dalam dua set langsung dengan skor 21-18 dan 21-12.

Di awal set pertama, wakil tuan rumah itu sempat unggul dua angka terlebih dahaulu. Perlahan tapi pasti, Hendra/Ahsan mulai memamas dan berhasil unggul tipis 11-10 menutup interval pertama.

Usai jeda interval, peraih gelar juara All England tersebut terus melancarkan serangan dan mendominasi pertandingan hingga akhirnya menang 21-18 di set pertama.

Dominasi pasangan yang dijuluki ‘The Daddies’ itu tak terbendung pada set kedua. Usaha Kaah Ming Chooi/Juan Shen Low untuk mengimbangi permainan keduanya tidak berhasil. Alhasil, set kedua kembali dimenangkan Hendra/Ahsan dengan skor cukup telak 21-12.

Meski mendominasi pertadingan, Hendra/Ahsan mengaku laga tersebut berjaln cukup alot. Menurut mereka, Choii/Low sempat merepotkannya saat set pertama.

“Dibilang mudah juga enggak, karena tadi di game pertama mereka sempat menyusul kami. Kami harus tetap fokus. Karena kalau mereka berkembang saya rasa juga bahaya buat kami,” tutur Hendra usai pertandingan seperti dikutip situs resmi PBSI, Kamis (4/4) kemarin.

Kemenangan itu mengantarkan Hendra/Ahsan ke babak delapan besar Malaysia Open 2019. Di partai tersebut, Hendra/Ahsan akan berhadapan dengan Li/Liu yang berhasil mengalahkan pasangan Taiwan, Lu Ching Yao/Ya Po Han di babak kedua.

Musuh bebuyutan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, yang merupakan unggulan kedua itu mengalahakn Lu/Ya dalam dua game langsung dengan skor tipis 21-19 dan 21-18.

Pertemuan Ahsan/Hendra dan Li/Liu merupakan yang kedua kalinya pada 2019 ini. Sebelumnya, mereka bertemu di perempatfinal Indonesia Masters 2019, dan Ahsan/Hendra mempecundangi duo China itu dalam dua game.

Akan tetapi, hal tersebut tak ingin menjadi acuan Hendra/Ahsan. Menurutnya, ia ingin tetap fokus di setiap pertandingan dan belum memikirkan target dalam turnamen BWF Super 750 tersebut.

“Kami coba terapkan pola kami dulu. Kepada siapapun lawannya besok. Kami mau fokus ke permainan kami dulu,” tutur Hendra. “Kami mau fokus ke pertandingan besok dulu, tidak berpikir target apa-apa. Karena lawan besok juga bagus,” sambung Ahsan.

The Minions Jumpa Rian/Fajar

Sementara itu, dipertandingan lainnya, dua ganda putra Merah Putih, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juga berhasil melangkah ke perempat final. Namun, di babak perempatfinal, keduanya akan saling jegal demi memperebutkan tiket semifinal.

Kevin/Marcus lebih dulu menggenggam tiket babak delapan besar tersebut. Mereka tak mengalami kesulitan berarti saat meladeni wakil Jepan, Takuto/Inoeu/Yuki Kaneko.

Dalam pertandingan yang berlangsung selama 24 menit itu, pasangan yang kerap dijuluki ‘The Minions’ tersebut menang straight games dengan skor 21-8 dan 21-19.

Berbeda dengan Kevin/Marcus yang terbilang menang cukup mudah, Rian/Fajar justru harus bersusah payah untuk mendapatkan tiket perempatfinal itu usai dipaksa bermain rubber game 21-15, 22-24 dan 21-18 dalam tempo waktu satu jam tiga menit.

Hasil laga ini sesuai dengan prediksi banyak pihak. Apalagi, Kevin/Marcus dan Fajar/Rian juga berstatus sebagai unggulan di Malaysia Open 2019. Kevin/Markus menempati unggulan pertama. Sedangkan, Rian/Fajar menjadi unggulan kedelapan dalam turnamen ini.

Laga perempatfinal antara Kevin/Marcus dan Rian/Fajar ini menjadi ulangan perempafinal Indonesia Masters 2019. Dalam pertandingan yang digelar di Jakarta itu, keduanya bermain ketat dan cukup dramatis yang akhirnya dimenangkan oleh Kevin/Marcus.

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon punya peluang mengulangi kemenangan tersebut. Namun, bukan tak mungkin Fajar/Rian akan membalas kekalahan itu. (gie/fin/wsa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here