Harapan Bobotoh kepada Duo Rene

28

RadarPriangan.com – Menjelang kompetisi Liga 1 Indonesia 2019 yang akan mulai bergulir pada 15 Mei 2019, mendatang, Persib Bandung telah menggaet pelatih dan pemain asing baru. Pelatih baru bagi tim Maung Badung itu adalah, Robert Rene Alberts. Sedangkan pemain asing barunya ialah, Rene Mihelic.

Menariknya, pelatih baru Persib, Robert Rene didatangkan untuk menggantikan Miljan Radovic yang baru empat bulan bersama tim kebanggaan masyarakat Jawa Barat tersebut.
Alasan Persib mendatangkan Robert Rene dan mengakhiri kerjasama dengan Radovic, lantaran pelatih berkebangsaan Montenegro itu ingin fokus untuk menjalani kursus kepelatihan UEFA Pro.

Akan tetapi, di sisi lain, pendukung setia Persib Bandung yang dikenal dengan nama Bobotoh kerap melakukan protes terhadap Radoovic yang gagal membawa tim meraih prestasi dalam empat bulan kepemimpinnannya.

Di masa kepemimpinan Radovic, Persib harus tersingkir dari babak penyisihan grup Piala Presiden 2019 yang saat itu Persib bertindak sebagai tuan rumah. Dan terakhir harus kalah dari tuan rumah Borneo FC di laga pertama babak perempatfinal Piala Indonesia 2018.

Setelah itu, Persib menunjuk Robert Rene untuk menggantikan Radovic. Penunjukkan Robert Rene Alberts tak lepas dari pengalaman dan konsistensinya menanggani klub-klub liga 1 Indonesia salah satunya seperti PSM Makassar.

Robert Rene memang belum menangani tim mana pun selepas mundur dari PSM Makassar pada akhir musim lalu. Di PSM, Robert Rene berhasil mengantarkan tim berjuluk Juku Eja itu berada di peringkat kedua Liga 1 musim lalu.

Di awal kepemimpinan Robert Rene, Persib berhasil meraih kemenangan atas Borneo FC di leg kedua babak perempat final Piala Indonesia 2018 atas Borneo FC. Namun sayang, meski berhasil meraih kemenangan Persib tetap gagal meraih tiket babak semifinal lantaran Borneo unggul agresivitas gol di kandang lawan.

Beberapa hari setelah penunjukkan Robert, Persib mendatangkan Rene Mihelic. Pemain berkebangsaan Slovenia itu diharapkan menjadi pemain terakhir yang bergabung bersama tim Maung Bandung sebelum bergulirnya kompetisi Liga 1 musim 2019.

Menanggapi kehadiran kedua sosok di tim Persib Bandung ini, pentolan sekaligus Dirigen Viking Persib Club (VPC), Yana Umar menyambut baik keputusan Manajemen PT Persib Bandung Bermartabat (Persib).

Menurutnya, apa yang terbaik untuk Persib akan selalu didukung oleh pihaknya dalam hal ini Viking atau bobotoh. Ia juga berharap dengan hadirnya dua sosok tersebut bisa lebih membangkitkan Persib di ajang Liga 1 Indonesia musim 2019.

“Kami berharap kedua sosok itu bisa memabwa Persib untuk bisa menjadi lebih lagi. Dan semoga keduanya bisa menjadi modal besar yang baik untuk Persib berlaga di Liga 1 Indonesia 2019,” ungkap Yana saat dikonfirmasiFajar Indonesia Network (FIN), Rabu (8/5) kemarin.

Mengenai penujukan Robert Rene yang menggantikan Radovic, Yana mengaku bahwa hal tersebut merupakan keputusan manajeman. Dengan kata lain, tidak ada desakan dari pihaknya agar manajemen menggantikan Radovic yang baru empat bulan bersama Persib.
“Itu (penunjukan Robert Rene menggantikan Radovic) keputusan manajemen, jadi sah-sah saja. Dan respon Bobotoh juga cukup baik,” tegas Yana.

Namun, Yana menegaskan, penunjukkan Robert Rene sebagai arsitek Persib merupakan keputusan yang tepat dari manajemen. Hal itu dinilai Yana, lantaran Robert merupakan sosok pelatih yang sudah mengetahui peta kompetisi di Indonesia.

“Robert Rene merupakan sosok pelatih yang berpengalaman di Indonesia, jadi dia sudah tahu kultur sepak bola di Tanah Air ini,” jelas Yana.

Akan tetapi, Yana mengakui bahwa kemenangan Persib atas Boneo beberapa waktu lalu bukan menjadi acuan penilaianya pihaknya terhadap Robert Rene. Hal itu mengingat, Robert Rene bergabung dengan Persib sehari sebelum pertandingan itu bergulir di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (4/5).

“Itu bukan menjadi dasar (penilaian). Karena yang dibutuhkan nanti adalah pada saat kompetisi Liga 1 Indonesia musim 2019 bergulir,” tutur Yana.

Sedangkan untuk Rene Mihelic, Yana belum berani berkomentar banyak mengingat pemain asal Slovenia itu baru pertama kali berkiprah di Indonesia. Namun, Yana mengaku bahwa pihaknya tetap berharap Rene mampu memberikan yang terbaik bagi Persib di kompetisi musim 2019.

“Rene Mihelic berlum pernah bermain di Indonesia khususnya di Persib. Jadi saat ini kita Bobotoh masih penasaran dengan penampilannya,” tukas Yana.

Berbeda dengan Robert Rene yang diikat kontrak dengan durasi dua musim dengan opsi satu tahun perpanjang, Rene Mihelic hanya mendapat kontrak durasi satu musim kompetisi, plus opsi perpanjangan.

“Mudah-mudahan dia (Rene) membawa kebaikan untuk Persib dan tahun ini Persib bisa menjadi juara,” ungkap Manajer Persib, Umuh Muchtar seperti dikutip situs resmi klub.

Sementara itu, Rene mengakui bahwa Bobotoh adalah salah satu alasan yang membuat dirinya mau bergabung dengan Persib. Menurutnya, mendapat dukungan dari ribuaan bobotoh akan menjadi semangat tambahan baginya untuk bisa bermain lebih baik.

“Pertama kali saya lihat Persib punya suporter yang sangat bagus. Saya ingin bermain di klub dengan suporter seperti ini. Ini spesial. Semua pesepakbola ingin bermain di lapangan di saat banyak suporter mendukung. Itu adalah alasan pertama saya untuk datang ke sini,” jelas Rene.

Ke depan, mantan pemain Maribor dan sempat berpetualang di tim Liga Super India, Delhi Dynamos (2018-2019) dan Chennaiyin FC (2017-2018) itu bertekad memberikan kemampuan terbaiknya bagi Persib di setiap pertandingannya.

“Senanya saya bisa berada di Persib. Saya pernah mendengar tentang Persib sebelumnya. Banyak hal bagus di sini, klub yang sangat besar, salah satu yang terbaik di Asia. Saya berharap kita bisa menjadi juara musim ini,” tukas Rene. (gie/fin/wsa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here