Guru Honorer Dapat Stimulan

16

Baznas Siapkan Program Lanjutan

GARUT – Sejumlah guru honorer Sekolah Dasar maupun Sekolah Menengah Pertama mendapat stimulan sebesar Rp300 ribu per orang. Secara simbolis, penyerahan bantuan dari program Garut Sehat Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Garut itu diberikan kepada para koordinator wilayah (korwil) dan PGRI Kecamatan, yang disaksikan pula para pengurus PGRI, Fagar, dan unsur Baznas.

Ketua PGRI Mahdar Suhendar, mengatakan, stimulan itu dinilai sangat membantu 1.500 honorer yang berjumlah untuk operasional dalam upaya mencerdaskan anak bangsa. Meski begitu, pihaknya berharap program serupa bisa dilakukan lebih intens kedepannya.

“Kami sebagai pengurus PGRI Garut bersyukur, program ini menjadi angin salah satu alternatif dalam membantu operasional guru non PNS,” katanya.

Sementara itu, Ketua Forum Aliansi Guru dan Karyawan Garut, Cecep Kurniadi, berharap pemberian stimulan bagi guru honorer tidak hanya dilakukan dalam momen hari guru atau HUT PGRI saja, tetapi ada bentuk rutinitas setiap tahunnya sehingga kesejahteraan mereka bisa bertambah.

Menurutnya, saat ini jumlah tenaga guru honorer SD dan SMP dikisaran 8.000 hingga 10.000 an, yang tersebar di 42 Kecamatan. “Apapun alasannya, mereka tetap berharap dapat diangkat menjadi guru PNS atau PPPK dengan honor yang layak dan manusiawi,” kata Cecep.

Terpisah, Ketua Baznas Garut, Rd. Aas Kosasih mengatakan, pihaknya telah merencanakan semua guru honorer akan mendapatkan santunan. Hanya saja, pemberian itu akan dilakukan secara bertahap karena disesuaikan dengan ketersediaan dana yang ada.

“Insya Alloh, kami akan terus memberikan santunan kepada guru honorer hingga semuanya kebagian. Bisa saja setahun dua kali atau tri wulan sekali. Artinya bisa saja pemberian itu di Hari Jadi Garut, bulan Februari tahun depan, di bulan Meisaat memperingati Hari Pendidikan Nasional,” pungkasnya. (erf) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here