FKPM Garut Punya Komdik, Sebagai Perlindungan Hukum Guru dan Sekolah

98
Mamun Gunawan, Ketua Dewan Pembina FKPM Komdik Garut, tengah memberikan sambutan dalam silaturahmi akbar yang diselenggarakan FKPM Lodaya Polres Garut.

GARUT – Kasat Binmas Polres Garut, AKP Poniman SH, mengapresiasi kerja FKPM yang selama ini dirasakan banyak membantu kerja Insitusi Polisi.

Poniman juga sangat merespon kehadiran FKPM Komdik (Komunitas Pendidik) yang diprakarsari Ma’mun Gunawan, Ketua Dewan Pembina FKPM Komdik yang juga Ketua PGRI Banyuresmi itu.

Bahkan kabarnya Kapolsek Banyuresmi sudah berniat memberikan satu unit kendaraan roda empat untuk digunakan sebagai kendaraan operasional FKPM Komdik.

“Kita berharap Komdik dapat lebih tersebar di seluruh kecamatan se-Kabupaten Garut agar dapat membantu tugas Polisi, khususnya meminimalisir kenakalan di kalangan pelajar, serta perlindungan hukum terhadap guru dan sekolah,”ujar Poniman dalam silaturahmi Akbar yang diselenggarakan pada Minggu (16/12/2018) di Gedung PGRI Kecamatan Banyuresmi.

Ma’mun Gunawan, Ketua Dewan Pembina sekaligus Pencetus berdirinya FKPM Komunitas Pendidik (KOMDIK) menjelaskan, bahwa ada potensi sosial yang dapat dikembangkan dan diberdayakan dari para guru.

Terutama kaitannya untuk meningkatkan Kamtibmas (Keamanan dan ketertiban masyarakat). Menurut Ma’mun, Ada garis merah yang bisa ditarik dari Perka Polri nomor 3/2015 dengan PP nomor 29/2017 tentang Guru dan Permendikbud RI Nomor 10/2017 tentang Perlindungan Guru.

Terlebih lagi PB PGRI memiliki MoU yang di tandatangani oleh Kapolri dengan Ketua Umum PB PGRI tentang Perlindungan Hukum Profesi Guru.

“Di sini ada benang merah dan simbiosis mutualisme yang dapat merekatkan Kepolisian dengan Guru”, Jelas Ma’mun yang juga menjabat Kasi Sarana Prasaran SD di Dinas Pendidikan Kabupaten Garut itu.

Sementara itu dalam acara silaturahmi akbar, hadir sebanyak 300 anggota FKPM Lodaya Polres Garut.

Seluruhnya terdiri dari perwakilan FKPM Sub Korwil Polsek Kecamatan yang ada di Kabupaten Garut.

Rusli Gunawan, SH Ketua FKPM Lodaya Polres Garut menegaskan bahwa silaturahmi akbar ini diselenggarakan sebagai upaya menggairahkan kembali semangat partisipatif anggota terhadap Kamtibmas.

Sebagaimana diamanatkan dalam Perka Polri Nomor 3/2015 tentang Pemolisian Masyarakat.

“Jadi FKPM itu bukan LSM dan bukan ORMAS, tetapi sebuah wadah yang dibentuk oleh institusi Polri melalui Peraturan Kapolri. Kami juga memiliki anggaran dasar dan anggaran rumah tangga yang mengatur roda organisasi”, jelas Rusli (fer)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here