Film Bumi Manusia Trending di YouTube

76

RadarPriangan.com, JAKARTA – Film adaptasi dari novel legendaris Pramoedya Ananta Toer berjudul Bumi Manusia, trending di YouTube. Tiga hari di-upload, film tersebut telah dilihat sebanyak tiga juta viewers.

Falcon Pictures selaku yang memproduksi film ini mempercayakan penggarapan film Bumi Manusia kepada sutradara terkenal Hanung Bramantyo.

Menanggapi respon positif atas film tersebut, padahal belum diputar di bioskop di Tanah Air, menilai selain karya yang bagus dari Pramoedya Ananta Toer juga didukung oleh pemain-pemain milenail seperti Iqbaal Ramadhan dan Mawar Eva de Jongh.

“Dibintangi Mawar dan Iqbaal, kalangan milenial jadi tahu Pramoedya Ananta Toer dan bisa menikmati karyanya,” ujar Hanung, di Jakarta, kemarin (8/7).

Mawar Eva de Jongh pun senang melihat respon positif masyarakat menonton trailer film perdananya Bumi Manusia. “Pokoknya senang banget,” kata Mawar.

Terpisah, pemerhati film, Teguh Imam menilai bahwa trailer film Bumi Manusia cukup komunikatif, dan sesuai fungsinya memberi kejutan atau informasi awal kepada penonton tentang film itu secara keseluruhan.

“Artinya, film ini sangat mungkin menyajikan kisah dalam novel besar Pramoedya Ananta Toer itu, dari sisi waktu yang tepat pada zaman itu. Artistik digarap menyesuaikan waktu itu, dengan color grading ala dokumenter film,” kata Imam kepada Fajar Indonesia Network (FIN), Senin (8/7).

Menyoal trailer film ini mampu tembus 3 juta penonton, bagi dia bukanlah hal yang aneh di era digital saat ini.

“(Trailer Bumi Manusia) tembus 3 juta penonton dalam tiga hari, hal ini sesuatu yang tidak aneh di era digital. Apalagi, tokoh utama film adalah sosok yang sukses merebut perhatian remaja dan kaum ibu di film terdahulu, yang juga diproduksi oleh PH yang sama di film Bumi Manusia,” ungkap Imam.

Lantas apakah menjamin film Bumi Manusia bakal sukses ketika diputar di bioskop? belum tentu karena sebuah film adalah spekulatif. Meskipun novel yang bagus sekalipun.

“Sebab, tidak ada formula yang baku untuk menjamin sebuah film mendapat apresiasi baik dari penonton film Indonesia yang sejauh ini dikuasai oleh penonton remaja,” pungkas dia.

Selain diperankan Iqbaal dan Mawar, film Bumi Manusia juga dibintangi oleh oleh Sha Ine Febriyanti, Ayu Laksmi, Donny Damara, Bryan Domani, Jerome, dan Giordino Abraham. Direncanakan, film ini bakal tayang di seluruh bioskop di Tanah Aor pada 15 Agustus 2019.(din/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here