Dinilai Menjanjikan, Petani Didorong Tanam Bawang Putih

93
Bupati Garut Rudy Gunawan melakukan penanaman bawang putih di Sucinaraja. (MUHAMAD ERFAN/RADAR GARUT)

RadarPriangan.com, GARUT – Harga bawang putih saat ini menembus angka Rp100 ribu per kilogramnya Kondisi ini membuat beberapa petani mulai beralih menanam bawang putih.

Seperti yang dilakukan para petani di Kampung Cigadog Desa Cigadog Kecamatan Sucinaraja. Petani di sana mulai beralih menanam bawang putih.

Bupati Garut, Rudy Gunawan ketika berkunjung ke Kecamatan Sucinaraja untuk melakukan proses penanaman bawang putih mengatakan, pihaknya siap mendorong para petani untuk kembali menanam bawang putih yang biasanya diimpor dari luar.

“Jadi komoditi bawang putih ini cukup menjanjikan juga nilai ekonomisnya lebih besar dan kebutuhannya lebih banyak,” katanya.

Menurutnya, kebutuhan bawang putih sebagian besar dipenuhi oleh bawang impor. Dampaknya, harga bawang putih di Garut menembus Rp100 ribu per kilogram.

Oleh karena itu, pihaknya berharap para petani dan termasuk pemuda untuk mulai menanam komiditi yang sangat menjanjikan, salah satunya bawang putih.

“Kalau hari ini bawang putih harganya Rp40 ribu saja, kalau petani dapat 5 ton bisa untung Rp150 juta, dan ini sangat menjanjikan bagi para petani,” katanya.

Rudy juga mengatakan pihaknya menggaet pihak ketiga yang diklaim akan menanam di lahan seluas 42 Hektar, dan diprediksi akan menghasilkan 150 ton selama 100 hari kedepan. (erf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here