Diam-diam Warga Sumbang Buku ke Taman Bacaan Kolecer

29

RadarPriangan.com, GARUT – Baru dipasang beberapa bulan lalu, Taman Bacaan Kolecer (Kotak Literasi Cerdas) di Taman Kian Santang, Kecamatan Garut Kota mendapat sumbangan buku dari orang yang tak diketahui siapa.

Buku-buku baru nyaris selalu bertambah setiap pekannya menghiasi kotak literasi itu.

“Ini menambah koleksi Kolecer dengan buku-buku yang menarik, membuat para pejalan kaki semakin betah di Taman Kian Santang sambil membaca,” kata Komarudin, pengelola Kolecer dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip), Kabupaten Garut, Rabu (15/5).

Komarudin mengatakan, awalnya pihak penyumbang buku tersebut tidak diketahui, kemudian ditelusuri buku yang dipajang di Kolecer itu ternyata dari sejumlah individu, bahkan ada dari komunitas pegiat literasi Forum Lingkar Pena, Sulistya D Putri, ada juga dari penulis0 aktif asal Garut, Utep Sutisna.

Sumbangan tersebut menurutnya menjadi bentuk dukungan dari masyarakat yang peduli terhadap dunia pendidikan dengan mendorong masyarakat agar meningkatkan minat baca di taman tersebut.

Lanjutnya, fasilitas membaca buku di taman kota itu juga mendapat dukungan dari kaum ibu-ibu yang mendorong anak-anaknya untuk selalu menyempatkan waktu memanfaatkan program Kolecer tersebut.

“Mereka ikut mengapresiasi, istilahnya, lebih baik baca buku daripada main game terus,” kata Komarudin.

Terpisah, Kepala Dispusip Garut, Lisnawati memberi apresiasi terhadap warga yang telah menyumbangkan beberapa buku pribadinya untuk mensukseskan program Kolecer di Taman Kian Santang yang berlokasi di Jalan Papandayan.

Menurut Lisna, Kolecer yang merupakan program Pemerintah Provinsi Jabar itu saat ini baru memiliki 48 buku berbagai judul, dengan tingkat kunjungan dan minat masyarakat untuk membaca cukup bagus.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada masyarakat yang telah mendonasikan buku-bukunya ke Kolecer, semoga menjadi ladang amal di Bulan Ramadan yang penuh rahmat ini,” pungkasnya. (erf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here