Desa Simpang, Kecamatan Cikajang Juga Tolak Gabung DOB, Desa Cikandang Setuju Gabung

207
Kades bersama BPD melaksanakan musdes menentukan sikap masyarakat terhadap DOB Garut Selatan

GARUT – Pemerintah Desa Simpang, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, bersama badan permusyawaratan Desa (BPD) mengadakan musyawarah desa (musdes), Jumat (29/11/2019). Sama seperti desa yang lainnya, musdes Desa Simpang ini juga dalam rangka menentukan sikap masyarakat apakah bergabung dengan daerah otonomi baru (DOB) Garut Selatan atau tidak.

Dari hasil musdes yang digelar tersebut, suara masyarakat Desa Simpang bulat menyatakan untuk menolak bergabung dengan DOB Garut Selatan. Sama halnnya dengan desa-desa lain seperti Desa Karamatwangi yang sebelumnya juga menyatakan bulat menolak bergabung.

Kepala Desa Simpang, Atan Ahmad Kosidin, menjelaskan, pada prinsipnya, masyarakat Desa Simpang setuju dengan adanya DOB Garut selatan dan mempersilahkan masyarakat Garut Selatan untuk membentuk DOB.

“Namun untuk bergabung dengan Garut Selatan masyarakat Desa Simpang tidak setuju,” kata Atan saat diwawancarai Jumat (29/11/2019).

Pada prinsipnya, alasan utama menolak bergabung sama dengan desa di Cikajang yang lainnya. Atan mengatakan, akses ke ibu kota di Mekarmukti terlalu jauh jika dibandingkan dengan ibu kota Garut induk yang sekarang ini.

” Beratnya karena aksesnya memang jauh, mungkin di pelayanan juga jauh berbeda, kalau di Garut kan pelayanan sudah ideal,” kata Atan.

Seluruh unsur tokoh masyarakat yang diundang dalam musdes tersebut menurut Atan menyatakan menolak bergabung. Tidak ada satu unsur pun yang menyatakan ingin bergabung.

Namun demikian, ternyata ada satu Desa di Kecamatan Cikajang yang sejauh ini menyatakan setuju untuk bergabung dengan DOB Garut Selatan. yaitu Desa Cikandang.

Kepala Desa Cikandang, Candra Wiguna ketika dikonfirmasi melalui sambungan selulernya, membenarkan perihal keputusan masyarakat tersebut. Dari hasil musdes yang dilaksanakan masyarakat Desa Cikandang setuju bergabung dengan DOB Garut Selatan. “Iya dari hasil polling setuju,” tegasnya. (fer)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here