Desa Kujangsari Maksimalkan Potensi Bambu

124
Kunjungan perwakilan dari Biro Perekonomian Setda Provinsi Jawa Barat, Jumat (10/5) ke Desa Kujangsari, Kecamatan Langensari Kota Banjar. (ANGGORO/RADAR PRIANGAN)

RadarPriangan.com, BANJAR – Desa Kujangsari, Kecamatan Langensari Kota Banjar mendapat kunjungan dua perwakilan dari Biro Perekonomian Setda Provinsi Jawa Barat, Jumat (10/5).

Kunjungan tersebut terkait survei tentang program Bambu Juara yang merupakan program pelestarian bambu yang diprakarsai oleh wakil Gubernur Jawa Barat melalui yayasan Baju Baja.

Kapala Desa Kujangsari Ahmad Mujahid, mengatakan, ini merupakan tindak lanjut dari pelatihan beberapa bulan yang lalu.

Menurut Mujahid, Desa Kujangsari mengirimkan 1 pokja yang berisi 15 orang untuk mengikuti pelatihan kerajinan Bambu.

“Mereka datang untuk Survei ke lepangan untuk mempertanyakan dan melihat hasil karya dari pelatihan sebelumnya,” ungkapnya.

Mujahid menambahkan, di Kota Banjar sendiri ada 4 desa yang mengikuti program tersebut, yakni Kujangsari, Desa Raharja, Desa Sukamukti dan Desa Mulyasari.

“Kujangsari ada pokja pengrajin bambu yang terdiri dari 15 orang yang sudah mengikuti pelatihan. Ke depan akan ada pendampingan langsung dari baju baja untuk pemanfaatan bambu,” imbuhnya.

Mujahid menambahkan, sejauh ini, usai pelatihan, para pengarajin bambu di Desa Kujangsari sudah bisa menghasilkan produk sendiri dan beraneka raham.

“Seperti Kursi dan meja, hiasan bahkan peralatan rumah tangga,” jelasnya.

Mujahid berharap, program tersebut bisa menjadi peluang baru bagi masyarakat agar lebih terdongkrak perekonomianya

“jika ini berlanjut, mudah- mudahan nanti akan di bantu untuk peralatan, dan kami berharap kepada yayasan Baju Baja bisa lebih optimal untuk bantuan kepada para pengrajin maupun sarana dan prasarana penunjangnya,” pungkasnya. (mg1)

pengrajin Bambu di dampingi kepala desa Kujangsari Pamerkan Produk dari bambu kepada 2 perwakilan dari Biro Perekonomian Setda Jawa Barat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here