Caleg Harus Ikut Jaga Kondusivitas, Polres Antisipasi Kerawanan Pemilu

80
TEKEN: Para Caleg menandatangani kesepakatan untuk menjaga kondusivitas Pemilu 2019. FOTO: MUHAMAD ERFAN/RADAR GARUT)

RADARPRIANGAN.COM, GARUT – Jelang kampanye terbuka, para caleg diharapkan bisa melakukan kampanye sesuai aturan yang berlaku.

Kapolres Garut, AKBP Budi Satria Wiguna, mengingatkan agar para caleg menjaga kondusifitas selama Pemilu. Terutama mendekati kampanye terbuka dan pencoblosan. 

“Namanya pesta demokrasi harus disambut suka cita. Tapi ingat aturan kampanye harus dipatuhi dan jangan memancing permasalahan,” kata Budi di Gedung Pendopo Garut, usai Silaturahmi Kamtibmas dalam rangka menyukseskan Pemilu, Jumat (15/3).

Budi meminta semua pihak terutama konstentan Pemilu, agar menjaga kondusifitas. Adapun permasalahan nantinya, ia berharap semua itu bisa selesai tanpa ada keributan apalagi kekerasan.

Bersama Bawaslu dan KPU, pihaknya terus memantau situasi politik di Garut. Mulai dari situasi lingkungan sekitar maupun di media sosial.

Budi mengimbau, dalam hal penyebaran informasi, warga diharapkan bisa menyaring atau mengkonfirmasi kepada sumber yang akurat. Hal itu untuk mencegah penyebaran berita tidsk benar atau hoax.

Sementara itu, Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman mengatakan, upaya antisipasi kerawanan telah dilakukan aparat keamanan. Pihaknya juga mendorong agar masyarakat ikut berperan mengawasi selama proses kampanye.

Helmi meminta, masyarakat Garut bisa menahan diri dan tak terpancing jika mendapat informasi yang belum jelas kebenarannya. Apalagi sampai terjadi keributan dan kekerasan.

Sebagai negara Demokrasi, kata Helmi, semua pihak harus mampu mengimplementasikan nilai-nilai pancasila dalam proses Pemilu. (erf) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here