Bupati Garut Dapat Anugerah Baznas Jabar Award 2019, Baznas Garut Masuk Tiga Nominasi

28
Bupati Garut Rudy Gunawan bersama Komisioner Baznas Garut usai malam penganugerahan Baznas Jabar Award 2019 di Gedong Budaya Sabilulungan Kabupaten Bandung, senin (2/12)

GARUT – Bupati Garut Rudy Gunawan mendapatkan anugerah Baznas Jabar Award 2019 sebagai Kepala Daerah yang mendukung keberadaan Baznas serta telah melakukan gerakan sadar zakat di daerah. Penghargaan diberikan oleh Ketua Baznas Pusat di Gedong Budaya Sabilulungan Kabupaten Bandung, senin (2/12) malam.

Bupati Garut Rudy Gunawan, mengatakan, penghargaan tersebut diberikan kepada empat kepala daerah yang memiliki perhatian kepada Baznas, diantaranya Kabupaten Garut.

“(Pengumpulan zakat, red) Di Garut sudah Rp700 juta per bulan, di Kabupaten Kota Bandung Rp3 miliar, karena hotel restoran sudah berzakat, sedangkan kita baru PNS. Sebelumnya, untuk memaksimalkan potensi zakat saya buat surat kepada pengusaha dan mendukung dari regulasi, tapi karena zakat ini hubungan dengan Allah dengan kesadaran nilai-nilai keagamaan masing-masing, maka kami tidak memaksa,” katanya.

Menurutnya, kolekting zakat di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Garut sudah dinilai bagus melalui program Payroll System. Menurutnya, potensi zakat ASN di Garut mencapai Rp 21 miliar per tahun . “Kita akan lebih menyadarkan PNS peduli berzakat,”  pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Garut Aas Kosasih, mengaku bangga atas prestasi yang diraih Bupati Garut. Menurutnya, peran Pemerintah Kabupaten Garut khususnya Bupati dalam membangun gerakan sadar zakat memiliki pengaruh besar.

“Saya merasa bangga ketika pa Bupati Garut Rudy Gunawan yang telah mendorong kebangkitan zakat di Kabupaten Garut mendapat apresiasi di Baznas Jabar Award 2019 ini. Meski mendapat tiga nominasi, namun ketimbang Kabupaten Kota lain riaknya sudah dua periode, Garut baru tiga tahun, masuk nominasi sudah luar biasa. Kedepan kita akan memperkuat di berbagai sektor, terutama dalam hal pendistribusian dan pendayagunaan, diantaranya pembukaan Zakatmart di Kecamatan Garut Kota, Tarogong Kidul dan Tarogong Kaler, mudah-mudahan desember jadi percontohan,” pungkasnya.

Baznas Garut sendiri masuk dalam nominasi pengelolaan Medsos terbaik, Pengumpulan zakat terbaik, dan
Pelaporan terbaik. Sementara untuk nominasi Kepala Daerah pendukung Kebangkitan Zakat, Bupati Garut Rudy Gunawan mendapat anugerah bersama  Bupati Kabupaten Bandung, Walikota Banjar dan Walikota Depok. (erf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here