Bupati: Ada Preman Malak PKL

248
Bupati Garut Rudy Gunawan

RadarPriangan.com, GARUT – Bupati Garut Rudy Gunawan untuk kali kesekian kembali melontarlan jika kawasan belanja di Pengkolan Kecamatan Garut Kota akan ditertibkan dari pedagang kaki lima (PKL).

Malah Rudy menuding, di balik adanya PKL yang tetap berjualan, terdapat beberapa oknum yang memanfaatkan situasi tersebut dengan menjadi beking serta memalak beberapa pedagang di sana.

“Hasil pemeriksaan bahwa ternyata ada oknum tertentu malak PKL. Jadi pihak tertentu, premanlah malak 20-30 (ribu, red),” katanya.

Untuk penertiban PKL ke depan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan jajarannya di bawah. “Nanti kita bersihkan kita koordinasi,” pungkasnya.

Sebelumnya, praktisi hukum Yusep Mulyana menilai Pemerintah Kabupaten Garut harus dengan tegas mengimplementasikan aturan yang sudah dibuat, di antaranya Peraturan Daerah (Perda) No 18 tahun 2017 sebagai perubahan atas Perda No 12 tahun 2015 tentang Kebersihan Keindahan dan Ketertiban (K3).

Menurutnya, jika melihat kondisi Garut terutama di Zona Merah area perkotaan Garut saat ini, penerapan aturan itu belum dilakukan dengan baik karena tata kelola yang masih semrawut jauh dan dari kata bersih, indah dan tertib.

”Perda no 18 tahun 2017 tidak terimplementasikan dengan baik,” kata Yusep yang juga masih aktif sebagai anggota DPRD Kabupaten Garut itu. (erf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here