Bila tidak Digunakan PKL, Gedung PKL akan Dimanfaatkan Usaha Lain

42
Eko Yulianto

RadarPriangan.com, GARUT – Keberadaan dua bangunan Gedung PKL di Jalan Guntur diharapkan bisa segera dimanfaatkan sebagai kawasan usaha, terutama bagi para pedagang kaki lima di kawasan perkotaan Garut. Hal tersebut diungkapkan Plt Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan ESDM Kabupaten Garut, Eko Yulianto kepada wartawan.

“Ya kami akan terus berupaya optimalisasi manfaat Gedung PKL itu,” kata Eko.

Menurutnya, kewenangan dua gedung tersebut saat ini masih dikelola oleh Disperindag untuk bisa dimanfaatkan bagi para pelaku usaha pedagang kaki lima di kawasan perkotaan.

“Selama ini gedung itu untuk pedagang di perkotaan, kita berusaha agar mereka mau pindah,” jelas Eko.

Jika dalam beberapa waktu kedua gedung itu tidak juga ditempati para PKL, maka tidak menutup kemungkinan tempat tersebut bisa dimanfaatkan menjadi sentra jenis usaha yang bisa menarik masyarakat, salah satunya pusat onderdil.

Tidak hanya itu, kata Eko, Gedung PKL bisa juga dijadikan tempat relokasi bagi para pedagang yang terdampak pembangunan jalur kereta api di Garut Kota.

“Tidak menutup kemungkinan bisa digunakan untuk yang lain, yang pasti dua Gedung PKL harus dimanfaatkan,” katanya.

Sebelumnya, Pemkab Garut telah membangun dua Gedung PKL yang diproyeksikan sebagai tempat relokasi para pedagang kaki lima di kawasan perkotaan Garut. Tetapi, sampai tiga tahun lamanya gedung itu berdiri, para PKL tak kunjung menempati gedung tersebut sebagai sarana usaha, adapun dulu ditempati hanya beberapa saat saja. (erf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here