Beton Atap Pasar Leles Ambruk

243
Kondisi konstruksi bagian atas pasar Leles nampak ambruk. (MUHAMAD ERFAN/RADAR GARUT)

RadarPriangan.com, GARUT – Sempat dikeluhkan warga pasar, kini bangunan Pasar Leles yang masih dalam tahap kontruksi malah ambruk. Insiden tersebut terjadi pada Minggu petang (7/4).

Camat Leles Asep Suhendar menjelaskan, ambruknya beton Pasar Leles yang belum selesai ini karena kelalaian pemborong yabg membongkar bigisting atau penahan beton.

“Dapat laporan, beton peyangga pasar Leles Minggu Sore mengalami ambruk,” katanya kepada wartawan di Gedung Pendopo, Senin (5/4).

Asep mengatakan, proses revitalisasi Pasar Leles baru sampai tahap rangka beton. Namun, meski bagian atapnya yang belum dicor, papan dan besi untuk penahan begisting sudah dibongkar oleh pemborong.

“Pekerjaan selesai di posisi rangka beton untuk atap belum dicor, hanya dipasang besi dan pasang papan untuk tahahanan coran, belum dicor malah besi penahan begisting sudah dibongkar oleh pemborong (berdasarkan informasi yang diterimanya, red). Akibatnya begisting tidak ada tahanan ditambah akibat diguyur hujan yg besar, terjadi ambruk bagian atasnya,” kata Asep

Menyikapi hal tersebut, Asep mengatakan, seluruh pihak terkait mulai dari Kabid Pasar, Ikatan Warga Pasar (Iwapa) serta aparat terkait sedang melakukan pertemuan dengan pihak pemborong untuk merumuskan apa saja yang harus diselesaikan.

Sementara itu, Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan bahwa pembangunan Pasar Leles dihentikan sementara dan mengunggu proses pemeriksaan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

“Nunggu putusan BPK (pekerjaanya) minggu depan akan dilanjutkan,” katanya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, konstruksi bagian atas Pasar Leles sudah terlihat bergelayut. Hujan deras yang mengguyur Leles membuat bangunan tersebut roboh. (erf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here