Berawal dari Kegelisahan, Lapak Primer Jadi Wadah Pengusaha Muda Brand Lokal Garut

170

RadarPriangan.com, GARUT – Berawal Berawal dari kegelisahan para pemuda pemilik brand lokal clothing asal Garut yang yang merasa kurang perhatian, mereka kini berkumpul dalam wadah Lapak Primer. Lapak Primer sendiri merupakan wadah berkegiatan para pemuda untuk mengenalkan dan menjual secara langsung produk clothing milik pengusaha muda di Kabupaten Garut.

Jujun, inisiator Lapak Primer menyebut bahwa selama ini brand lokal Garut tidak jarang dikalahkan oleh clothing dari luar kota seperti Bandung, Jakarta, bahkan luar negeri. “Lapak Primer ini menjadi wadah untuk menunjukan bahwa kita yang punya brand lokal memiliki kualitas, tidak kalah oleh brand luar Garut,” ujarnya dalam kegiatan Lapak Primer di Jalan Bank, Jumat (4/10).

Sebelum menggelar Lapak Primer, Jujun mengaku sempat membuat kegiatan khusus bagi seniman sablon bersama rekannya, Fredy dalam kegiatan ‘Screeprintour’ beberapa kali di Garut. Kegiatan tersebut pun mendapat apresiasi dari sejumlah seniman sablon Indonesia.

“Si Lapak Primer ini menjadi langkah lebih besar denhan tujuannya lebih pada hasil produk lokalnya. Ada 49 pengusaha muda gabungan, baik yang clothing, merchandise, hingga makanan dan minuman. Hari ini ada 29 brand lokal yang ikut ambil bagian,” katanya.

Ia menyebut bahwa apresiasi dari pelapak dan warga yang datang ke Lapak Primer cukup positif karena menjadikan mereka bisa mengenalkan produk lokal, menjual, hingga membeli produknya. “Alhamdulillah, Lapak Primer kedua kalinya ini mendapat respon yang baik dari masyarakat,” ucapnya.

Jujun juga mengaku bahwa kedepannya, para pengusaha clothing brand lokal Garut bisa semakin maju seiring dengan semakin terbukanya aksea menuju Kabupaten Garut, baik melalui reaktivasi jalur kereta api dan akses tol. 

“Jangan sampai kemudian terbukanya akses ke Garut ini malah menguntungkan brand luar sedangkan brand lokalnya tidak dikenal. Dibukanya akses ini tentu harus dijadikan peluang bagi pengusaha brand lokal karena nantinya saya fikir wisatawan yang datang ke Garut akan lebih banyak,” katanya. (igo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here