Batas Wilayah Garut Kota Ditinjau Ulang

140
Pemerintah Kabupaten Garut bersama Badan Informasi Geospasial tengah meninjau batas wilayah di Aula Kecamatan Garut Kota, Senin (8/7). (MUHAMAD ERFAN/RADAR GARUT)

RadarPriangan.com, GARUT – Pemerintah Kabupaten Garut bersama Badan Informasi Geospasial (BIG) kembali melakukan penetapan dan penegasan batas desa/kelurahan di Garut, Khususnya di Kecamatan Garut Kota, Senin (8/7).

Penegasan batas wilayah desa atau kelurahan itu menggunakan data satelit  hal tersebut ditujukan untuk memastikan antara realitas batas wilayah telah sesuai dengan sisi administrasi.

“Kalau secara keseluruhan (penetapan dan penegasan batas wilayah, red) kan sulit juga karena tidak terjangkau semua titik. Kalau batas-batasnya dengan ciri alam seperti sungai itu mudah, yang agak sulit itu tidak ada batas alam, hanya menggunakan data administrasi,” kata Camat Garut Kota, Bambang Hafid, kepada Radar Garut saat ditemui di Kantor Kecamatan Garut Kota.

Setelah dilakukan penetapan dan penegasan batas wilayah kelurahan atau desa, pihaknya mengimbau semua pihak termasuk kelurahan, RW hingga RT melakukan sinkronisasi data.

“Makanya sekarang yang dipanggil untuk langsung melihat itu mereka diantaranya yang tahu secara batas alamnya. Ini dilakukan supaya lebih akurat saja, bukan berarti ada yang tidak sinkron,”  katanya.

Menurutnya, sangat penting memastikan batas wilayah suatu daerah baik itu di pedesaan maupun kelurahan. Dengan memastikan titik batas tersebut,  pihaknya berharap kedepan tidak ada suatu masalah atau sengketa yang mempersoalkan batas wilayah. (erf) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here