Baru 60 Persen PPK yang sudah Pleno

129
Junaidin Basri

RadarPriangan.com, GARUT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut, masih merekapitulasi perolehan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di beberapa kecamatan, sebelum akhirnya hasil rapat pleno diserahkan ke tingkat kabupaten untuk kembali dilakukan rekapitulasi.

“Baru 60 persen PPK (Penyelenggara Pemungutan Kecamatan) sudah beres pleno di kecamatan,” kata Ketua KPU Garut Junaidin Basri di Garut, Rabu (24/4).

Lanjutnya, Kabupaten Garut memiliki 42 kecamatan, yang sebagian besar sudah menyelesaikan rekapitulasi, sedangkan beberapa kecamatan seperti kawasan perkotaan, dan wilayah utara Garut belum tuntas.

Menurut Junaidin, kecamatan yang belum selesai rekapitulasi karena menghadapi kendala, seperti jumlah desanya lebih banyak dibandingkan kecamatan lain, dan lamanya proses pencocokan dengan pihak saksi maupun dari pengawas pemilu.

“Hambatan ada saja, seperti proses mencocokan butuh waktu,” katanya.

Ia mengatakan, seluruh dokumen dan logistik hasil rapat pleno di kecamatan langsung dibawa ke KPU Garut dan disimpan di tempat yang aman dengan penjagaan ketat kepolisian dan TNI.

“Dokumen logistik dimasukan lagi dalam kotak suara, lalu langsung dibawa ke gedung KPU Garut,” katanya.

Junaidin mengimbau seluruh elemen masyarakat, terutama pendukung dan peserta pemilu untuk sabar menunggu hasil keputusan secara resmi dari KPU Garut.

Informasi hasil perolehan suara yang tersebar di masyarakat, kata dia, belum dapat dikatakan resmi sebelum KPU Garut melakukan rekapitulasi dan rapat pleno tingkat kabupaten.

“Kami imbau masyarakat untuk bersabar menunggu hasil pemilu,” katanya. (erf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here