Atasi Sakit Gigi dengan 3 Resep Tradisional

18
Sakit gigi bisa diobati dengan resep tradisional yang mudah dibuat di rumah. (Shutterstock)

RadarPriangan.com – Ada pepatah yang bilang sakit gigi lebih sakit daripada sakit hati. Meski sudah minum obat pereda nyeri, terkadang sakit gigi masih belum hilang. Cobalah untuk meredakannya dengan resep tradisional dari bumbu dapur.

Dilansir dari Herbs Love To Know, Senin (13/5), ada tiga resep tradisional yang bisa meredakan sakit gigi. Di antaranya bawang putih, jahe, dan peppermint.

1. Bawang putih

Salah satu solusi paling sederhana untuk sakit gigi adalah bawang putih. Bumbu dapur yang satu ini adalah obat rumahan yang dapat segera dicoba. Bawang putih melepaskan bahan kimia yang disebut allicin, yang dikenal dengan sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba. Sehingga langsung menyasar pada penyebab sakit gigi.

Cara memakainya, potong atau iris bawang putih. Kemudian tempatkan potongan bawang putih di gigi yang sakit agar nyeri segera hilang.

2. Jahe

Irisan jahe dipercaya bisa menyembuhkan sakit gigi. (Mom Junction)

Resep umum lainnya adalah jahe. Akar jahe memiliki sifat antibakteri, yang membantu penyembuhan peradangan gusi dan pembengkakan serta abses gigi. Jahe meredakan rasa sakit.

Cara memakainya, kupas dan potong sepotong jahe segar. Letakkan jahe di atas gigi yang sakit, dan gigitlah untuk melepaskan airnya kemudian nyeru berangsur pulih.

3. Peppermint

Akademi Herbal merekomendasikan peppermint untuk menurunkan rasa sakit akibat sakit gigi. Minyak peppermint dan daunnya dapat digunakan untuk mengobati rasa sakit.

Caranya, rendam bola kapas dengan minyak peppermint dan oleskan ke gigi yang sakit. Biarkan selama beberapa menit dan kemudian bilas mulut dengan air garam. Atau letakkan beberapa lembar daun segar atau dikunyah sampai lunak. Bisa juga dibuat menjadi rebusan selama 20 menit. Lalu kumur agar sakitnya reda. (jpc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here