Astra Siapkan Fasilitas Mudik 2019 di Tol Trans Jawa

64
Firdaus Azis (VPD LMS), Krist Ade Sudiyono (Group CEO Toll Road Business Group), Harsono (Direktur JSM), Umiyati (Direktur TMJ), Rinaldi (Direktur MMS), Ke Lima mereka menjadi bagian-bagian daerah lintas tol Trns Jawa saat acara jumpa pers di Menara Astra, Jakarta, (20/5/2019). (Faisal R Syam / FAJAR INDONESIA NETWORK)

RadarPriangan.com, JAKARTA – Mudik Lebaran tahun ini diperkirakan mengalami peningkatan. Meski demikian, dengan terhubungnya ruas jalan Tol Trans Jawa pada akhir tahun 2018, semakin mempercepat dan mempermudah pemudik menuju kampung halaman.

Astra Infra sebagai grup usaha infrastruktur yang telah berkontribusi di Tol Trans Jawa sepanjang 338,6 km senantiasa memiliki komitmen memberikan layanan jalan tol yang aman, nyaman dan lancar.

Oleh karena itu, menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 2019, Astra Infra Grup berbagi informasi tentang persiapan dan program mudik dengan tema ‘Inspirasi Mudik 2019 ASTRA Infra di Tol Trans Jawa’, di Menara FIFGROUP, Jakarta, Senin (20/5).

Dalam kesempatan itu, CEO Toll Road Business Group Krist Ade Sudiyono mengatakan, untuk mewujudkan mudik lewat jalan tol yang aman, nyaman dan lancar, Astra Infra grup melalui BUJT (Badan Usaha Jalan Tol) Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan, Semarang-Solo dan Jombang-Mojokerto telah menyiapkan berbagai inspirasi layanan mudik.

Adapun Inspirasi layanan mudik yang dilakukan meliputi operasional, kompetensi Sumber Daya maupun infrastruktur di antaranya fasilitas TIP (Tempat Istirahat dan Pelayanan), kualitas jalan.

Dengan persiapan yang menyeluruh di ruas tol Astra Infra diharapkan mudik Lebaran tahun ini dapat berjalan lebih baik dari tahun sebelumnya ujar Krist.

Untuk layanan mudik di Tol Tangerang-merah, Astra telah mengoptimalkan empat layanan yakni layanan operasional, infrastruktur, pendukung dan sosialisasi.

Pada layanan operasional, Astra Tol Tangerang-Merak memaksimalkan penggunaan sembilan mobile reader untuk mempercepat layanan transaksi bagi pengguna jalan.

Layanan infrastruktur, memastikan H-10 sampai dengan H+10 jalan tol sepanjang 144 KM (jalur AB) dalam kondisi baik, bebas dari perambuan dan pekerjaan peningkatan jalan. Tersedia dua lajur tambahan transaksi yang siap dioperasikan di Gerbang Tol (GT) Serang Timur dan Merak.

Layanan pendukung, optimalisasi empat tempat istirahat dan pelayanan (TIP) di KM 43 68 arah Merak dan KM 45 68 arah Jakarta, baik pengisian saldo uang elektronik maupun fasilitas Posko Siaga Astra.

Selanjutnya untuk Tol Cikopo-Palimanan, d Palimanan diperkiarkan akan menapai kepadatan tertinggi pada H-5 dan H+3 dan diperkirakan naik 12 persen dari tahun 2018. Oleh karena itu, akan melakukan penambahan 14 gardu di Gerbang Tol Palimanan Utama sehingga total yang dioperasikan mencapai 26 gardu, tambahan 10 Mobile Reader di GT Palimanan dan masing-masing dua Mobile Reader di gerbang samping.

Sedangkan untuk Tol Semarang-Solo, Trans Marga Jateng (TMJ) telah mempersiapkan pelayanan dan fasilitas mudik yaitu menambah jumlah personil, melakukan penambahan 23 gardu di Gerbang Tol Banyumanik dan menyiapkan tujuh kendaraan patroli.

Kemudian untuk Tol Jombang-Mojokerto, Astra Infra Toll Road Jombang-Mojokerto, pengelola ruas tol Jombang-Mojokerto (tol Jomo) sepanjang 40,5 km, telah menyiapkan infrastruktur dan berbagai fasilitas serta layanan jelang Lebaran.

Tak hanya fasilitas yang disiapkan, Astra Infra juga membagikan E-booklet tentang inspirasi kuliner dan wisata menarik seputar Tol Astra di sepanjang jalur Trans Jawa mulai dari lintas, Tangerang-Merak, Cikopo-Palimanan, Semarang-Solo dan Jombang-Mojokerto.


“Diharapkan E-Booklet ini dapat menjadi referensi pilihan tempat persinggahan para pemudik yang ingin menikmati libur Lebaran bersama keluarga sekaligus mengenal keaneragaman makanan daerah dan keindahan alam Indonesia,” pungkas Krist.(din/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here