Askrindo Beri Pelatihan Kewirausahaan bagi Pelaku UKM Garut

83
PT. Askrindo bersama Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Garut menggelar pelatihan kewirausahaan di Sumber Alam Hotel & Resto, Sabtu (2/11).


Bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM Garut, Pengusaha diberi Pemahaman Sadar Pajak
RadarPriangan.com, GARUT –
Sejumlah pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) mendapat pelatihan kewirausahaan mitra binaan Program Binaan dan Bina Lingkungan (PKBL). Kegiatan tersebut merupakan kolaborasi antara PT. Askrindo (Persero) dengan Direktorat Jenderal Pajak dan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Garut

“Kegiatan ini menjadi bagian upaya dalam peningkatan wawasan terkait pemenuhan kewajiban selaku warga negara dalam hal wajib pajak,” kata Kabiro Umum Askrindo, Ahmad Faisal usai membuka kegiatan pelatihan di Sumber Alam Hotel dan Resort Garut, Sabtu (2/11).

Pelatihan wajib pajak ditujukan kepada para pelaku UKM yang dinilai telah memenuhi syarat wajib pajak, jika dilihat dari perkembangan usahanya.

Faisal menambahkan, pelatihan ini juga diharapkan bisa membentuk karakter pelaku UKM yang selalu kreatif, berkarya dan bertanggung jawab, meningkat kompetensi Kewirausahaan bisnis, serta meningkatkan kemampuan diri.

“Setelah itu, kemudian mengembangkan Sumber daya Manusia, menciptakan lapangan kerja bagi diri dan orang lain,” tambahnya.

Kegiatan tersebut diikuti 150 orang yang berasal dari sejumlah kelompok usaha binaan PT. Askrindo di Garut, baik itu pengusaha di bidang pertanian, peternakan, kerajinan kulit dan lainnya. Mereka mendapatkan pemaparan materi bahasan terkait pengembangan usaha, serta pemahaman tentang wajib pajak dari KPP Pratama Garut.

“Harapan kita para pelaku UKM ini semakin besar usahanya. Karena mitra kita di Garut itu termasuk paling besar. Kondisi perekonomian usaha disini sangat baik, mudah-mudahan tidak ada macet (dalam pembayaran kredit modal usaha, red) sehingga kami terus berupaya memberi peran, baik itu melalui program kemitraan dan satu dua melalui program CSR,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Garut, Eko Yulianto, mengatakan, para pelaku UKM yang mendapatkan bantuan kredit modal ataupun peningkatan mutu usaha diharapkan bisa mandiri di masa yang akan datang.

“Mudah-mudahan kedepan bisa lebih baik. Sampai saat ini peran PT. Askrindo cukup signifikan dalam pengembangan UKM, termasuk koperasi di Garut melalui program CSR atau bantuan kredit,” kata Eko dalam sambutannya.

Sejalan dengan perkembangan sektor usaha di Garut, Eko menyebutkan, Pemerintah terus bertekad untuk menciptakan iklim usaha yang lebih baik, diantaranya melalui regulasi yang mendukung pengembangan usaha diantaranya Koperasi dan UKM. (erf/bbr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here