Antisipasi Penyebaran Hepatitis A di Pesantren

111
ilustrasi: jpc

Dinkes Tasikmalaya Turunkan Petugas Puskesmas

RadarPriangan.com, TASIKMALAYA – Sejumlah wilayah di Indonesia saat ini tengah marak penyebaran penyakit Hepatitis A yang merebak akibat kekeringan. Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya pun mulai melakukan sejumlah antisipasi agar bisa meminimalisasi, khususnya di pesantren.

Pelaksana tugas Kepala Dinkes Kabupaten Tasikmalaya, Faisal Faisal Soeparyanto mengaku bahwa pihaknya sudah melakukan sejumlah antisipasi penyebarannya selama kemarau. Namun meski demikian ia menegaskan bahwa hingga kini belum ada laporan terkait penyebaran penyakit tersebut di Kabupaten tasikmalaya.

“Kita telah menginstruksikan Puskemas untuk turun langsung ke lapangan, khususnya pesantren-pesantren. Hal tersebut kita lakukan karena pada umumnya penyebaran penyakit ini kan di kumpulan masa karena penyebarannya berawal dari air liur dan keringan,” ujarnya, Senin (1/7).

Faisal mengatakan bahwa lingkungan pesantren menjadi lokasi yang pihaknya antisipasi, juga di satu satu kampung. Seluruh Puskesmas sendiri dalam pelaksanaan antisipasi tersebut langsung terjun ke lapangan atau pesantren.

Selain penyakit hepatitis A, pihaknya pun mengantisipasi munculnya penyakit lain yang umum timbul selama kemarau. Penyakit biasa timbul sendiri adalah diare dan ISPA.

“Yang paling banyak itu memang biasanya diare dan ISPA karena debu. Saya meminta agar masyarakat semakin menjaga pola hidup bersih dan sehat agar bisa mencegahnya,” katanya. (igo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here