Antisipasi Ketersediaan dan Kelayakan Pangan Jelang Ramadan

88
Kapolresta Banjar dan instansi terkait lainnya melakukan pemantauan di pasar tradisional jelang Ramadan, Jumat (3/4).

RadarPriangan.com, BANJAR – Kapolres Banjar AKBP Yulian Perdana SIK bersama Dinas Kesehatan dan Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, Dinas Pertanian dan Peternakan, Raider 323 BP, melakukan sidak di pasar tradisional Kota Banjar, Jumat (03/05/2019).

Operasi ini dilakukan untuk mengantisipasi kelangkaan bahan makanan pokok guna memenuhi kebutuhan masyarakat jelang Bulan Suci Ramadan pada 2019, yang sebentar lagi datang.

“Operasi pasar murah ini dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang bulan Ramadan serta untuk menjaga stabilitas harga agar tidak melonjak tinggi,” jelas Kapolres.

Menurut Kapolres, Ada beberapa bahan makanan pokok yang dipantau dalam kegiatan tersebut, di antaranya seperti beras, daging sapi, daging ayam, telur, minyak goreng, gula pasir, bawang merah, bawang putih, cabai, dan yang lainnya.

“Tentu harganya yang kompetitif, sehingga masih bisa terjangkau oleh masyarakat,” imbuhnya,

Lebih lanjut Kepolres Banjar AKBP Yulian Perdana, SIK, menuturkan, bahwa di Pasar Tradisional Banjar tidak ditemukan barang-barang sembako yang kadaluwarsa.
Yulian pun mengimbau kepada masyarakat khususnya para orang tua agar memperhatikan jajanan bagi anak anaknya, harus hati hati, jangan sampai ada yang keracunan.

“Lebih baik jajannya di rumah yang dibuatkan oleh orang tuanya, itu lebih menyehatkan, ” tambahnya.

Hal senada juga disampaikan dari Dinas Kesehatan, dr Ika Rika Rohantika, saat melakukan pengujian sampel makanan yang ada di pasar tradisional, bahwa bahan makanan yang dilakukan pengetesan seperti baso, daging sapi dan daging ayam tidak ditemukan bahan pengawet seperti borax atau pengawet buatan.

Diketahui, harga kebutuhan pokok seperti beras premium Rp 8000/Kg, naik menjadi Rp 8,500/ Kg, Minyak Goreng Curah 11,000/Kg menjadi Rp 13,000/kg

Daging Sapi 110,000/ Kg menjadi Rp 120,000/Kg, Telur Rp 24,000/Kg tetap Rp 24,000/ Kg, Bawang Merah Rp 28,000/Kg menjadi Rp 30,000/Kg, Bawang Putih Rp 45,000/Kg menjadi Rp 50,000/Kg. (mg1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here