Antisipasi Bencana, Pemkab Siapkan Anggaran Rp 5,5 M

219

RADARPRIANGAN.COM, GARUT – Antisipasi bencana di daerah, Pemerintah Kabupaten Garut siapkan anggaran Rp 5,5 miliar. Dana tersebut akan dikeluarkan ketika memasuki masa tanggap darurat bencana.

Bupati Garut, Rudy Gunawan, mengatakan, penganggaran tersebut sebagai upaya antisipasi, hal itu mengingat Garut merupakan daerah rawan bencana.

“Sudah dilakukan antisipasi untuk bencana. BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) akan diperkuat,” kata Rudy kepada wartawan di Lapangan Setda Garut, Senin (3/12).

Menanggapi pertanyaan wartawan soal kurangnya logistik, Rudy membantah jika Pemkab Garut tak memiliki logistik yang cukup untuk menghadapi bencana. Menurutnya, Pemkab memiliki anggaran yang cukup untuk menghadapi bencana di musim penghujan.

“Ada anggaran kita ada. Rp 5,5 miliar untuk tanggap darurat. Enggak usah takut,” katanya.

Lanjutnya, antisipasi dan penyelesaian masalah bencana tidak hanya diselesaikan oleh pemerintah daerah, namun pemerintah provinsi dan pusat juga akan membantu menyelesaikan urusan bencana.

“Jadi kalau ada kepala BPBD yang menyatakan kekurangan ini itu, cengeng. Makanya akan diganti sama saya,” tegasnya.

Kepala Pelaksana BPBD Garut, Dadi Djakaria, mengaku sudah menyiapkan logistik menghadapi potensi bencana, khususnya ketika musim penghujan. Selain logistik, pihaknya telah menyiapkan alat berat.

“Seperti kemarin malam (Minggu), ada longsor di Cisewu yang menutup jalan. Segera dibersihkan karena alat berat sudah ada,” katanya.

Menurutnya, kekurangan logistik yang sempat dikeluhkan, sudah diatasi. Pemkab telah menyediakan anggaran untuk menghadapi tanggap darurat.

Pihaknya justru mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati. Bukan saja mereka yang berada di daerah perbukitan, namun beberapa daerah lainnya termasuk daerah pantai di Garut Selatan. (erf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here