Amuk Messi Hajar Liverpool, Barca Menatap Final

182
Lionel Messi mencetak gol ke gawang Liverpool. (reuters)

RadarPriangan.com, BARCELONA—Barcelona membuka jalan menuju final Liga Champions. Itu setelah mereka menghajar Liverpool tiga gol tanpa balas pada leg pertama babak semifinal. Lionel Messi tampil sebagai pahlawan lewat dua golnya di babak kedua.

Dengan kemenangan 3-0 ini, Barcelona hanya perlu hasil seri atau maksimal kalah dua gol di Anfield pada leg kedua, pekan depan untuk melaju ke partai puncak. Sementara Liverpool, harus berjuang keras membalikkan keadaan. Pasalnya, mereka harus mencetak minimal empat gol di kandang untuk bisa menyingkirkan Barca.

Jalannya Pertandingan

Pada laga yang berlangsung di Camp Nou, Kamis, 2 Mei, dinihari, Liverpool yang tidak bisa menurunkan Roberto Firmino tampil terbuka sejak awal. Dengan formasi 4-3-1-2, mereka mencoba menekan Barcelona.

Di lima menit pertama, Mohamed Salah mampu mendapatkan peluang ketika ia mendapatkan bola di kotak penalti. Namun tendangan kaki kirinya masih bisa diblok pertahanan tuan rumah. Ini direspons Barca lewat pergerakan Ivan Rakitic. Ia berhasil berhadapan dengan kiper Alisso Becker namun memilih melakukan umpan tarik yang bisa diantisipasi bek Liverpool.

Peluang terbaik Barca didapatkan Philippe Coutinho di menit ke-15. Sayang, tendangan kerasnya masih bisa ditangkap Alisson. Lionel Messi mengklam penalti beberapa saat kemudian setelah bola mengenai tangan Joel Matip . Tapi wasit Bjorn Kuipers asal Belanda tidak menggubrisnya.

Lewat sebuah serangan balik di menit ke-27, Barca mampu mengubah skor menjadi 1-0. Gol dicetak Luis Suarez usai membelokkan umpan Jordi Alba dari sisi kiri yang membuat Alisson tak berkutik dan harus memungut bola dari dalam gawangnya.

Liverpool mendapat peluang menyamakan kedudukan di menit ke-34 setelah Sadio Mane berhadapan dengan kiper Marc Andre ter Stegen. Sayang, peluang emas itu disia-siakan Sadio Mane. Tendangan kaki kanannya masih melenceng di atas mistar gawang.

Setelah sempat kalah penguasaan bola, Barca mulai bisa mendikte Liverpool di 10 menit akhir. Namun mereka tidak mampu menambah keunggulan. Karena Liverpool juga tidak bisa mencetak gol balasan, babak pertama berakhir 1-0 untuk Barca.

Kembali dari ruang ganti, Liverpool kembali mencoba langsung menekan. Baru satu menit berjalan, The Reds sudah memberi ancaman serius dan nyaris menyamakan kedudukan. Menerima bola dari Georginio Wijnaldum, James Milner melepaskan tendangan melengkung ke tiang jauh. Namun, Stegen mampu menepisnya dan hanya melahirkan sepak pojok.

Peluang emas lainnya didapatkan tim tamu di menit ke-52. Salah yang mendapat bola melepaskan tendangan kaki kiri. Sayang, meski bola sudah mengarah ke sudut kanan gawang, Stegen masih mampu menjangkaunya.

Di menit ke-58, Stegen kembali menunjukkan kehebatannya di bawah mistar gawang. Diawali pergerakan Salah yang kemudian mengirim umpan ke kotak penalti, Milner yang tak terkawal langsung melepaskan tembakan first time. Tapi, Stegen berada di posisi yang tepat dan bisa mengamankan gawangnya.

Setelah melewatkan dua peluang bagus, Liverpool terus menggempur Barca di 15 menit pertama ini. Melihat timnya kesulitan membendung pergerakan Salah dan Mane, Pelatih Barca, Erneste Valverde melakukan pergantian pemain di menit ke-60. Nelson Semedo yang punya kecepatan dimasukkan menggantikan Coutinho. Dengan perubahan ini, Sergi Roberto didorong ke tengah sebagai gelandang bertahan dan Semedo beroperasi di sektor bek kanan tempat Salah beroperasi.

Barca mendapat peluang menambah keunggulan di menit ke-62 lewat serangan balik yang dipimpin Messi. Namun, Arturo Vidal yang lepas dari pengawalan di dalam kotak penalti gagal mengirimkan umpan bagus ke Suarez yang sudah menunggu di depan gawang. Bola bisa dipotong Virgil van Dijk dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Setelah itu, Liverpool kembali melakukan serangan bergelombang. Namun, hingga menit ke-70, mereka belum juga bisa menyamakan kedudukan. Roberto Firmino dan Divock Origi pun tampak mulai disiapkan Juergen Klopp di pinggir lapangan.

Asyik menyerang, Liverpool lengah di menit ke-75. Mendapat bola dari sektor tengah, Messi memberikan umpan terobosan kepada Sergi Roberto yang meneruskannya ke Suarez. Bola tembakan Suarez sempat membentur mistar gawang. Namun, bola pantul langsung diteruskan ke dalam gawang oleh Messi.

Tertinggal 0-2, Liverpool akhirnya memasukkan Firmino di menit ke-77 untuk menggantikan Wijnaldum. Namun, bukannya berhasil memperkecil ketertinggalan, Barca malah kembali menambah gol di menit ke-82. Gol dilesakkan Messi lewat tendangan bebas setelah ia dilanggar Fabinho di depan kotak penalti.

Tertinggal 0-3, Liverpool kembali menata serangan. Pada menit ke-83 mereka harus bisa mencetak gol. Setelah tendangan Firmino diselamatkan pemain Barca di garis gawang, Salah yang bebas langsung menyambar bola. Sayang, si kulit bundar hanya menghajar tiang sebelah kanan.

Klopp kemudian memasukkan Origi menggantikan Milner untuk menambah daya serang. Namun, mereka tak lagi bisa mengejar. Barca bahkan nyaris menambah gol kemenangan andai Ousmane Dembele yang masuk menggantikan Suarez bisa lebih tenang di injury time. Skor 3-0 pun menjadi hasil akhir. Selamat Barcelona. (amr/fajar)

Susunan Pemain

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Sergi Roberto (Carles Alena 90’), Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Arturo Vidal, Sergio Busquets, Ivan Rakitic; Lionel Messi, Luis Suarez (Ousmane Dembele 90’), Philippe Coutinho (Nelson Semedo 60’)

Liverpool (4-3-1-2): Alisson Becker; Joseph Gomez, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; James Milner (Divock Origi 84’), Fabinho, Naby Keita (Jordan Henderson 23’), Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah, Sadio Mane

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here