Ada Potensi Tsunami Pantai Selatan, Warga Pesisir tak Perlu Panik

35
Pemasangan papan peringatan di kawasan rawan tsunami pantai selatan Garut oleh BPBD Kabupaten Garut. (IQBAL GOJALI/RADAR GARUT)

RadarPriangan.com, GARUT – Badan Nasional Penggulangan Bencana (BNPB) mengingatkan masyarakat akan adanya potensi tsunami besar di sepanjang pantai selatan pulau Jawa. Meski demikian, BNPB menyebut bahwa peringatan tersebut tidak ditujukan untuk menakuti masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan pantai.

Direktorat Pemberdayaan Masyarakat BNPN, Wartono menyebut bahwa potensi berbeda dengan prediksi sehingga yang kaitannya dengan kejadian diluat kuasa manusia. “Namanya potensi ada. Kejadian itu kan di luar kuasa kita,” ujarnya, Selasa (6/8).

Pada Selasa (6/8), Kabupaten Garut menjadi lokasi Ekpedisi Desa Tangguh Bencana yang dilakukan oleh BNPB. Ia menyebut bahwa kegiatan tersebut merupakan edukasi bagi mayarakat agar bisa menyaring setiap informasi yang diterima terkait bencana, sehingga tidak termakan hoax namun bisa mengecek kebenaran berita yang diterima.

“Seperti tsunami besar itu. Kami tak menakut-nakuti masyarakat, malah ingin mengedukasi. Dan sebagai langkah antisipasi, pemerintah telah memasang alat early warning system (EWS) di pantai selatan. Di Kabupaten Garut ada dua EWS yang berfungsi dari delapan yang telah dipasang,” ungkapnya. (igo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here