7 Calon TKI Ilegal Asal Garut Gagal Berangkat

37
Dinas Tanaga Kerja Kabupaten Garut menjemput tujuh TKI Ilegal asal Garut yang gagal berangkat ke luar negeri. (MUHAMAD ERFAN/RADAR GARUT)

RadarPriangan.com, GARUT – Sebanyak tujuh wanita calon tenaga kerja Indonesia (TKI) ilegal asal Garut berhasil digagalkan keberangkatannya ke luar negeri oleh tim dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia.

“Jumlah tujuh orang itu satu PT (Perseroan Terbatas, red) rencananya mau diberangkatkan entah ke mana apakah Malaysia atau apalah saya tidak tahu karena ilegal,” kata Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Garut, Teddy, usai menjemput calon TKI ilegal asal Garut dari Jakarta.

Para calon TKI ilegal asal Garut itu berasal dari Kecamatan Samarang, Pameungpeuk, Cibalong, Cilawu, dan Wanaraja.

Lanjut Teddy, awal mula pemulangan TKI ilegal asal Garut itu setelah adanya sidak yang dilakukan pihak Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia.

“Dari Kementerian ada sidak, tim pusat, razia ke PT (Perusahaan yang mau memberangkatkan, red) itu ternyata PT tersebut seolah ilegal. Makanya pas ditanya semua (calon TKI ilegal, red) tidak hanya Garut ada Bandung dan lainnya ternyata tidak punya dokumen keberangkatan,” tambahnya.

Teddy mengatakan, setelah dilakukan sidak dan didapati sejumlah calon TKI tanpa legalitas, aku pihak Kementerian kemudian menghubungi Dinas Ketenagakerjaan Garut untuk menjemput kepulangan warga Garut yang hendak kerja ke luar negeri tanpa legalitas.

“Kita serah terimakan dengan keluarga yang akan menerima, serta memberitahukan ke desa dan camat,” pungkasnya.

Meski ilegal, Teddy mengungkapkan, para calon TKI tidak diminta biaya untuk keberangkatan. (erf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here