38 Kades Terpilih Belum Dilantik

40

GARUT – Sejumlah 38 para calon kepala desa (Kades) yang terpilih pada Pilkades serentak tahun 2019 tidak ikut dilantik pada prosesi pelantikan kades yang dilaksanakan di Lapang Setda Garut, kemarin (2/12).

Dari 125 para kepala desa terpilih, hanya 87 kades terpilih ditambah 2 kades pergantian antar waktu (PAW) yang sudah dilantik. Sementara pelantikan sisanya akam dilakukan pada bulan februari tahun 2020.

“Mereka yang belum dilantik bukan karena sengketa, tapi karena mereka itu kepala desanya cuti, masih ada waktu bertugas (masa jabatan sampai februari tahun 2020, red). Jadi pelantikan Inysa Allah bulan februari tahun depan. Nanti masa jabatan juga akan berbeda dari yang dilantik hari ini (kemarin, red),” kata Sekertaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Garut, Asep Jaelani, kepada Radar Garut di kantornya.

Menurutnya, segala persengektaan yang terjadi pada Pilkades serentak tahun 2019 sudah diselesaikan di panitia Pilkades tingkat Kecamatan dan Kabupaten, tidak sampai maju ke ranah Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

Pihaknya berharap, kades yang baru bisa segera paham regulasi terkait bagaimana menggunakan anggaran Dana Desa, ADD maupun anggaran lainnya yang ada untuk pemerintahan desa.

“Para kades diharapkan bisa menggunakan anggaran sesuai aturan yang berlaku. Jangan sampai menyimpang dan melanggar hukum,” pungkasnya. (erf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here