3.000 Personel Gabungan Kawal Debat Terakhir

145
Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono (FIN)

RadarPriangan.com, JAKARTA – Menjelang debat terakhir Pilpres 2019, sebanyak 3.000 personel gabungan disiagakan untuk mengamankan lokasi debat di Hotel Sultan, Jakarta Selatan, hari ini (13/4).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, personel gabungan terdiri dari TNI-Polri, dan juga aparat terkait dari Pemprov DKI Jakarta.

Argo mengatakan, pengamanan debat terakhir ini akan dibagi dalam empat ring. Antara lain, ring pertama diamankan oleh Paspampres, ring dua dan tiga dikawal personel gabungan. Sementara di ring 4, menjadi tanggung jawab Dirlantas Polda Metro Jaya untuk mengurai kemacetan di luar lokasi.

“Ring pertama itu tempat debat berlangsung, ring 2 itu dilingkaran dalam hotel Sultan, dan ring 3 disekitaran hotelnya dan ring 4 itu ruas lalulintas yang diserahkan oleh personel Dilantas Polda Metro,” jelas Argo.

Disinggung lokasi parkir kendaraan, kata Argo, baik masyarakat, tamu undangan, dan pendukung paslon yang ditentukan KPU difokuskan di dalam Hotel Sultan. “Ini semua sudah kita komunikasiakan dengan KPU,” terang perwira berpangkat melati tiga tersebut.

Argo menyampaikan, sebelum agenda debat akan ada juga kegiatan kampanye akbar dari paslon Capres-Cawapres 01, Jokowi-Ma’ruf yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada Sabtu (13/4) siang.

“Iya, agenda besok akan ada juga kampanye paslon 01 di GBK pukul 13.00 wib, dan untuk acara ini kita menyiapkan 40 ribu personel gabungan dari TNI, Polri, dan Pemda, serta sejumlah ormas, seperti FBR, LMP, PP, Banser dan sebagainya,” ujar Argo.

Sama halnya dengan pola pengamanan debat, sambung Argo, pengamanan dilakukan dalam pola empat ring. Di antaranya: ring 1 di area utama, ring dua di sekitar stadion sementara ring 3 di setiap pintu masuk stadion.

“Untuk akses pintu masuk ke stadion, tidak semua pintu di buka. Dimana yang dibuka itu, antara lain pintu 2,5,6,7,10 dan 11, sedangkan untuk pintu 3,4,8,9,13 kita tutup. Adapun untuk calon atau tamu vvip akan masuk di pintu satu,” jelas Argo.

Polisi juga menyiapkan kantong-kantong parkir di beberapa gedung perkantoran dan lahan parkir di kawasan GBK. Polisi juga mengalokasikan parkir di kawasan GBK, seperti kolam renang akuatik, Lapangan ABC dan softball yang disiapkan khusus untuk sepeda motor dan kendaraan roda empat.

Kita izinkan parkir di sepanjang jalan Asia Afrika, Gatot Subroto dan sepanjang Jalan Tentara Pelajar, yang dilarang parkir itu jalan Gatot Subroto dari hotel Sultan,” tambahnya.

Terpisah, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf mengatakan, pihaknya telah menyiapkan 2.563 personelnya dalam pengamanan lalu lintas di sekitar area debat. Jumlah itu belum ditambah anggota Korlantas sebanyak 330 personel, POM TNI 60 personel, Dishub 1.000 personel dan Satpol PP 1.000 personel. Dan untuk debat tentu, akan dikurangi,” ungkap Yusuf.

Berkenaan rekayasa arus lalulintas, diakui Yusuf, telah direncanakan, dan juga diinformasikan oleh pihaknya untuk diketahui oleh masyarakat. “Kita sudah siapkan, khususnya di agenda kampanye,” tutupnya. (Mhf/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here