21.961 Calhaj belum Lunasi BPIH

134

RadarPriangan.com, JAKARTA – Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, Kementerian Agama (Kemenag) Muhajirin Yanis mengatakan masih ada 21.961 jemaah yang belum melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahap I. Kemenag mengimbau para jamaah mengebut pembayarannya.

Pasalnya, pelunasan BPIH tahap I akan berakhir pada 15 April 2019 yang artinya layanan tellertinggal satu hari lagi, yaitu pada Senin awal pekan depan. Sebanyak 182.039 jemaah sudah melunasi. Jumlah ini baru sekitar 89,23%. Masih ada 10,77% jemaah yang belum melunasi, terang Muhajirin.

Mantan Kakanwil Kemenag Gorontalo mengatakan, salah satu langkah agar pelunasan berjalan lancar, ialah meminta Kanwil Kemenag melalui Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah di setiap provinsi untuk proaktif menghubungi jemaah yang belum melunasi. “Tentunya baru itu yang bisa kita lakukan,” katanya.

Muhajirin mengatkan, para kabid haji untuk merecek kembali dan sekaligus menghubungi calon-calon jamaah yang telah ditetapkan berhak melunasi tapi hingga saat ini belum melakukan pelunasan.

Hal ini perlu dilakukan agar tidak ada komplain bahwa jemaah tidak melunasi karena tidak tahu, tidak dihubungi, atau alasan lainnya. Kita berharap pelunasan tahap pertama dapat selesai dengan maksimal, lanjutnya.

Langkah ini menurut Muhajirin perlu dilakukan karena mereka yang tidak melakukan pelunasan tahap I, tidak bisa melunasi pada tahap berikutnya. Pelunasan tahap II yang akan dibuka pada 30 April-10 Mei diperuntukan bagi jemaah lainnya. (rls/fin/tgr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here